Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

PANDUAN SKRIPSI DAN UJIAN SKRIPSI

KURIKULUM 2013

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Berlaku mulai September 2017

Unduhan terkait skripsi dapat diunduh pada link berikut ini

(gunakan email UII)

I. SKRIPSI

1.1 Definisi

Skripsi merupakan sarana yang digunakan untuk menguji tingkat keberhasilan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah diterima selama kuliah. Skripsi diwujudkan dalam sebuah penelitian mandiri yang dirancang untuk dapat diselesaikan dalam jangka waktu 6 bulan dengan bobot 3 SKS.

Skripsi dapat berupa :

  • perancangan sistem/alat yaitu merancang sistem/alat, menguji dan menganalisis hasilnya).
  • analisis data/ hasil survey/pengamatan lapangan yaitu melakukan pengambilan data, menganalisisnya dengan metode tertentu, membahas hasil analisis tersebut.
  • Simulasi suatu model sistem/proses, yaitu menyusun model sistem/proses, membuat simulasinya dengan program komputer, mengevaluasi hasil simulasi.

1.2 Syarat

  1. Tercatat sebagai mahasiswa aktif dibuktikan dengan slip pembayaran SPP terakhir.
  2. Telah menempuh minimal 118 sks termasuk Mata Kuliah Metodologi Riset.
  3. Telah mendapat persetujuan calon dosen pembimbing ditandai dengan tanda tangan calon dosen pembimbing pada draft proposal skripsi.

1.3 Prosedur Pelaksanaan Skripsi

  1. Melakukan key-in Skripsi sesuai jadwal key-in.
  2. Membayar biaya
  3. Menyusun proposal skripsi.
  4. Pendaftaran skripsi dapat dilakukan dengan mengisi form berikut ini. 
  5. Mengikuti kegiatan kelas Skripsi sesuai jadwal, melakukan penelitian, dan mengisi log book skripsi. Download log book klik disini.
  6. Melaksanakan seminar kemajuan sesuai jadwal.
  7. Menyusun laporan skripsi.

1.4 Proposal Skripsi

  1. Proposal skripsi disusun berdasarkan template proposal skripsi. Download template klik disini.
  2. Proposal skripsi dikonsultasikan dengan dosen pembimbing melalui kelas Skripsi.
  3. Proposal skripsi wajib disubmit di Turnitin untuk cek plagiarism, dengan maksimum similarity score sebesar 30%.
  4. Proposal skripsi wajib diunggah di Classroom maksimal 1 Oktober untuk semester ganjil, sedangkan untuk semester genap maksimal 1 April.
  5. Dosen pembimbing wajib menilai proposal skripsi di classroom.
  6. Ketentuan penilaian proposal skripsi mengacu pada rubrik terlampir.

1.5 Kelas Skripsi (Bimbingan Skripsi)

  1. Dosen menyiapkan kelas skripsi di Turnitin untuk mengecek plagiarism proposal maupun laporan skripsi.
  2. Dosen menyiapkan kelas skripsi di Google Classroom untuk sarana komunikasi, pembelajaran dan evaluasi/penilaian termasuk penilaian proposal, capaian kegiatan penelitian, seminar kemajuan maupun laporan skripsi.
  3. Google Classroom sekaligus sebagai dokumentasi proses bimbingan skripsi dan penilaiannya.
  4. Kelas skripsi dilaksanakan setiap pekan, dengan total pertemuan selama satu semester minimal sebanyak 18 kali pertemuan (semester ganjil : September sd Februari, semester genap : Maret sd Agustus)
  5. Jadwal pertemuan kelas skripsi sesuai dengan jadwal key-in atau kesepakatan dosen pembimbing.
  6. Setiap pertemuan mahasiswa wajib melaporkan capaian kegiatan penelitian baik dengan presentasi/konsultasi dan mengisi formulir capaian kegiatan di Classroom.
  7. Dosen pembimbing wajib memberi penilaian di Classroom atas capaian kegiatan penelitian mahasiswa per pertemuan kelas TA. Skor penilaian 0 – 100.
  8. Bagi mahasiswa yang telah mengikuti 18 pertemuan kelas skripsi dan telah mendapatkan nilai skripsi, dapat mengikuti ujian skripsi di akhir semester.

1.6 Seminar Kemajuan Skripsi

  1. Mahasiswa wajib melakukan presentasi seminar kemajuan skripsi pada pertemuan ke-15 kelas skripsi.
  2. Seminar kemajuan wajib dihadiri dosen pembimbing dan mahasiswa lain minimal sebanyak 5 orang.
  3. Jadwal seminar kemajuan ditentukan berdasarkan kesepakatan dengan dosen pembimbing.
  4. File presentasi seminar kemajuan skripsi wajib diunggah ke Classroom sebelum presentasi.
  5. Dosen wajib memberikan penilaian atas presentasi dan kemajuan skripsi
  6. Ketentuan penilaian seminar kemajuan skripsi mengacu pada rubrik

1.7 Laporan Skripsi

  1. Laporan skripsi disusun sesuai dengan template laporan skripsi. Download template klik disini.
  2. Bagian inti laporan skripsi (bab 1 sd bab 5 serta daftar pustaka) maksimum berjumlah 30 halaman.
  3. Bagian daftar pustaka, minimal terdiri dari 3 artikel internasional 10 tahun terakhir dengan minimal 1 jurnal.
  4. Bab 3 (Metodologi) dan Bab 4 (Hasil dan Pembahasan) masing-masing terdiri dari 5 halaman.
  5. Laporan skripsi dikonsultasikan dengan dosen pembimbing.
  6. Laporan skripsi wajib diunggah di Turnitin untuk cek plagiarism, dengan maksimum similarity score sebesar 30%.
  7. Laporan skripsi wajib diunggah ke Classroom maksimal tanggal 20 Februari untuk semester ganjil, sedangkan untuk semester genap maksimum 20 Agustus.
  8. Dosen wajib memberikan penilaian terhadap laporan skripsi.
  9. Ketentuan penilaian proposal skripsi mengacu pada rubrik.

1.8 Penilaian Skripsi

  1. Total Nilai akhir skripsi ditentukan berdasarkan komponen dan bobot sebagai berikut.
    a)Proposal Skripsi : 10%
    b)Capaian Kegiatan Penelitian Mingguan Kelas Skripsi : 40%
    c)Seminar Kemajuan : 20%
    d)Laporan Skripsi : 30%
  2. Nilai akhir skripsi dikonversi sesuai tabel terlampir.
  3. Dosen pembimbing wajib menyerahkan nilai akhir skripsi ke bagian akademik maksimal tanggal
    1 Maret untuk semester ganjil, sedangkan untuk semester genap maksimal tanggal 1 September.

1.9 Hal-hal khusus terkait skripsi

  1. Nilai skripsi diberikan pada setiap akhir semester.
  2. Aturan perijinan kehadiran kelas skripsi sesuai dengan aturan kehadiran kuliah universitas.
  3. Kehadiran minimal kelas skripsi adalah 75%, mahasiswa yang gagal memenuhi minimal kehadiran akan mendapatkan nilai E.
  4. Mahasiswa yang tidak berhasil menyelesaikan skripsi dalam waktu 6 bulan (satu semester) wajib mengulang prosedur skripsi dari awal.
  5. Mahasiswa melaksanakan kelas skripsi dengan judul dan pembimbing yang sama maksimal 1 tahun akademik. 
  6. Mahasiswa yang telah melaksanakan kelas skripsi dengan judul dan pembimbing yang sama lebih dari 1 tahun akademik, wajib ganti judul dan ganti pembimbing. 

2. UJIAN SKRIPSI

2.1 Definisi

Ujian skripsi adalah presentasi hasil skripsi di hadapan para dosen penguji pada sidang pendadaran. Ujian Skripsi memiliki bobot kredit 3 SKS.

2.2 Syarat Mendaftar Ujian Skripsi

  1. Telah menyelesaikan skripsi dan disetujui oleh dosen pembimbing.
  2. Mengumpulkan softcopy draft makalah/paper. Download template makalah/paper klik disini. 
  3. Mengumpulkan hardcopy poster skripsi ukuran A4 saat sebelum ujian dan mengumpulkan poster ukuran A1 setelah revisi ujian skripsi.  Isi poster harus memuat paling tidak abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.  Desain poster  bebas dengan tetap  menggunakan header dan footer yang tertera pada template. Download ketentuan dan template poster klik disini. 
  4. Mengumpulkan softcopy bahan presentasi ujian skripsi.
  5. Mengumpulkan softcopy laporan skripsi.
  6. Memiliki nilai CEPT minimal 422.

2.3 Prosedur Ujian Skripsi

  1. Membayar biaya ujian skripsi.
  2. Mendaftar ujian skripsi di jurusan secara online melalui link berikut ini yang disediakan oleh jurusan dengan melengkapi syarat administrasinya.
  3. Mempresentasikan skripsi pada sidang pendadaran.
  4. Melakukan revisi laporan, makalah/paper, dan poster, jika dinyatakan lulus dengan revisi.
  5. Menyerahkan hasil revisi tersebut maksmum 1 bulan setelah ujian skripsi.

2.4 Penilaian Ujian Skripsi

  1. Total Nilai akhir ujian skripsi ditentukan berdasarkan komponen dan bobot sebagai berikut.
    a)Presentasi : 20%
    b)Makalah dan Poster: 15%
    c)Laporan Skripsi: 15%
    d)Pemahaman dan penguasaan isi Laporan Skripsi : 50%
  2. Nilai akhir skripsi dikonversi sesuai tabel terlampir.

2. 5 Hal-hal khusus terkait Ujian Skripsi

  1. Bagi mahasiswa yang berhasil mempublikasikan hasil skripsi pada seminar nasional atau seminar internasional sebelum ujian skripsi, berhak mendapatkan penilaian sebagaimana dijabarkan pada tabel berikut.
    Kegiatan Kontribusi Presentasi Makalah & Poster Laporan Skripsi Diskusi/tanya jawab
    Seminar Nasional Penulis pertama * 81 * *
    Oral Presenter 81 * * *
    Poster presenter * 81 * *
    Seminar Internasional Penulis pertama * 90 * *
    Oral Presenter 90 * * *
    Poster presenter * 90 * *

    *dinilai saat ujian skripsi

  2. Sanksi bagi mahasiswa yang menyerahkan hasil revisi melebihi batas maksimum 1 bulan setelah ujian skripsi adalah penurunan nilai Ujian Skripsi sebanyak 2 grade ( misalnya dari A menjadi A/B) setiap bulan.
  3. Apabila setelah penurunan nilai Ujian Skripsi sesuai point b) tersebut nilai ujian skripsi menjadi kurang dari nilai C, maka mahasiswa wajib mengulang proses Ujian Skripsi.

Unduhan terkait skripsi dapat diunduh pada link berikut ini (gunakan email UII).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.