Akademik S2

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sebagai upaya untuk membentuk profil lulusan PSMTE, maka diperlukan konsep Tujuan Pendidikan yang direalisasikan dalam bentuk rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagai upaya mengimplementasikan pendidikan berbasis Outcomes. Rumusan CPL PSMTE FTI UII didasari oleh beberapa peraturan / dasar hukum yaitu:

  1. PERMENDIKBUD No. 3 Tahun 2020
  2. SNPT KEMENRISTEK DIKTI No. 44 Tahun 2015
  3. Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI)
  4. Peraturan Rektor Universitas Islam Indonesia No. 2 Tahun 2019

Selain dasar hukum diatas, kami juga menghimpun beberapa opini dari pihak eksternal yang berasal dari alumni, industri, maupun praktisi di bidang keteknikan berkaitan dengan kebutuhan keterampilan maupun pengetahuan ditingkat Program Studi Magister di bidang Teknik Elektro.

Unsur CPLKodeDeskripsi Rumusan CPL
SikapCPL 1Mampu menginternalisasi nilai-nilai norma dan etika keislaman maupun etika universal dalam aktivitas akademik
CPL 2Memiliki daya juang, kemandirian, tanggung jawab, kewirausahaan, dan profesionalisme dalam bekerja.
CPL 3Mampu bekerja sama dan merumuskan perannya yang kontributif terhadap keadaan sosial masyarakat, maupun lingkungan disekitar dengan tetap memperhatikan nilai-nilai keislaman sebagai jati dirinya
PengetahuanCPL 4Mampu untuk mengikuti perkembangan sains dan teknologi yang sedang berkembang sesuai bidang yang ditekuni saat ini menggunakan seluruh media yang ada tanpa meninggalkan prinsip-prinsip keislaman sebagai filter informasi yang diserap
CPL 5Mampu memahami dan menerapkan teori dasar, konsep dan metode penyelesaian, serta cara analisis untuk menyelesaikan suatu permasalahan keteknikan
CPL 6Mampu mengintegrasikan berbagai macam pendekatan disiplin ilmu terkait perancangan sistem maupun teknologi yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dimasyarakat
Keterampilan UmumCPL 7Mampu berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan untuk menyampaikan hasil penelitian maupun karyanya kepada audiens/masyarakat tanpa menghilangkan kaidah dan etika akademik/ilmiah
CPL 8Mampu mengidentifikasi permasalahan, merumuskan permasalahan, merancang usulan solusi, melakukan implementasi atau prototyping, melakukan pengujian dan validasi, serta menganalisis sistem/metode/teknologi yang diteliti atau dikembangkan
CPL 9Mampu mengembangkan sikap dan jiwa kepemimpinan serta bekerjasama dalam tim untuk mencapai tujuan bersama dan berkontribusi pada masyarakat/komunitas, agama, bangsa, dan negara
CPL 10Mampu mengindentifikasi potensi inovasi baik dalam menyelesaikan permasalahan dalam bekerja maupun mengembangkan sistem / teknologi yang akan dimanfaatkan
Keterampilan KhususCPL 11Mampu  memecahkan  permasalahan  rekayasa  dan  teknologi  dengan merancang sistem,  proses  dan  komponen  dengan  mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan  bidang  ilmu  lain  (jika diperlukan) dan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, serta keberlanjutan
CPL 12Mampu melakukan pendalaman materi dari bidang keahlian yang ditekuni serta menemukan pertanyaan-pertanyaan baru untuk penelitian selanjutnya
CPL 13Mampu mengadaptasikan perubahan dan dinamisasi pengetahuan terbaru untuk diterapkan pada bidang yang ditekuni
Scroll to Top