Sekilas Tentang Kami

Jurusan Teknik Elektro UII didirikan pada tanggal 22 Juli 1997. Saat ini, Teknik Elektro UII mengacu dan terakreditasi secara provisional oleh IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education / Badan Akreditasi Indonesia untuk Pendidikan Teknik). Kami mempersiapkan kualitas pendidikan kami sesuai dengan standar internasional sekaligus membekali kemampuan kepada mahasiswa-mahasiswa kami di berbagai bidang seperti Kontrol, Telekomunikasi, Mitigasi Kebencanaan dengan keunikan lokal, energi terbarukan, dan bidang kesehatan / biomedis. Di bidang Kontrol dan Otomasi, Mahasiswa dibekali untuk siap memasuki dunia industri yang mengimplementasikan sistem kontrol dan alat pendukungnya seperti industri manufaktur dan industri proses (otomasi industri) dan menggunakan instrumentasi industri. Di bidang Telekomunikasi, siswa dilatih untuk siap mengembangkan karir di industri telekomunikasi seperti vendor dan penyedia telekomunikasi. Di bidang Ketenagaan dan Energi, siswa dipersiapkan untuk menjadi insinyur yang terampil dan profesional. Mahasiswa diharapkan dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan listrik dan energi dalam hal pembangkitan, transmisi, dan sistem distribusi. Pada tahun 2016, Teknik Elektro UII berhasil memperoleh Akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan No. 0944 / SK / BAN-PT / Akred / S / Vl / 2016. Jurusan Teknik Elektro UII didukung oleh laboratorium, pusat penelitian, dan ruang pelatihan. Beberapa pelatihan yang bertujuan melengkapi dan meningkatkan kompetensi Mahasiswa juga tersedia seperti pelatihan LabView ( site license ), PLC, SCADA, mikrokontroler, FPGA, MATLAB, DSP, dan DAQ, perencanaan dan optimisasi jaringan telekomunikasi, Test Drive untuk jaringan 2G dan 3G, dan OPNET. Saat ini, Teknik Elektro UII kami memiliki kemitraan dengan bidang akademik dan industri seperti National Instruments, MITI, Kumamoto University, Kansai University, East Weed Seed Indonesia, Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia), PUI-PT Mikroelektronika, dan Universitas Teknologi Rajamangala Thanyaburi (Thailand) .

Akreditasi

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang unggul di tingkat Asia pada tahun 2025 serta berperan aktif dalam pendidikan dan pengembangan ilmu Teknik Elektro untuk kemaslahatan umat.”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan teknik elektro yang berkualitas dan dilandasi nilai-nilai keislaman.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi global dan menjadi agen perubahan di masyarakat.
  3. Menghasilkan penelitian berkualitas yang bernilai inovasi serta berkontribusi terhadap keilmuan dan penyelesaian masalah di masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pengabdian dan dakwah islamiah untuk kemaslahatan umat.

Staf Kami

Staff kami berasal dari berbagai latar belakang akademik dan bidang penelitian, serta merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama baik Nasional maupun Internasional.