Berita dan Acara/Event Terkini

Launching & Sosialisasi SIM LOA (Learning Outcome Assessment)

Assalamu alaikum wr.wb.

Diberitahukan kepada mahasiswa elektro KHUSUS angkatan 2017 dan 2018, bahwa akan diadakan launching SIM LOA pada:

Hari : Senin, 15 Juli 2019

Pukul : 13.00-14.00

Tempat : Audio Visual 1.10

SIM LOA berisi Kinerja Capaian Lulusan Setiap Mahasiswa. Selain itu, SIM dapat digunakan untuk proses bimbingan/perwalian dengan DPA (Dewan Pembimbing Akademik) masing-masing.

Mengingat pentingnya acara tersebut, diharap mahasiswa dapat hadir tepat pada waktunya.

Wassalamu alaikum wr.wb.

SEGO 28

Assalamu alaikum wr.wb.

Diberitahukan kepada mahasiswa teknik elektro, bahwa akan diadakan studium general yang akan dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal : Jumat, 5 Juli 2019
  • Pukul : 09.00-11.30
  • Ruang :  Ruang 3.05
  • Pembicara : BPBD DIY dan Andi Hakim

Bagi peserta yang hadir pada kuliah ini akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan sebagai SKPI. Pendaftaran dapat dilaksanakan pada bit.ly/segote28 (gunakan akun email UII).

Harap dijadikan perhatian.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Workshop Self Awareness

CEPT CAMP

Pelaksanaan S3D

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 4-End

Sebagai universitas yang mengusung nilai islami, dosen dan mahasiswa teknik elektro UII melakukan kunjungan ke Kumamoto Islamic Centre (KIC). KIC teridiri dari umat muslim dari berbagai penjuru dunia, terutama pelajar dari Indonesia. Melalui KIC, umat muslim dapat saling bersilaturahmi dan bersama menimba ilmu agama.

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 3

Dosen dan mahasiswa mengikuti open campus dan festival budaya di Kumamoto University pada program Sakura Exchange. Pada open campus didemokan hasil penelitian dari masing-masing program studi dan laboratorium. Selain itu juga diadakan pentas budaya serta festival makanan. Open campus dan festival budaya tersebut tidak hanya dihadiri oleh akademisi kampus, namun masyarakat secara luas seperti anak-anak dan ibu rumah tangga.

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 2

Dosen dan mahasiswa melaksanakan presentasi riset di Kumamoto University pada program Sakura Exchange. Mahasiswa yang dikirimkan dari teknik elektro terdiri dari dua angkatan yaitu angkatan 2014 dan 2015. Arridha Amrad merupakan mahasiswa angkatan 2014, sedangkan Izza Alifa dan Aisha Widi merupakan mahasiswa angkatan 2015. Pada kesempatan ini, dosen dan masing-masing mahasiswa mempresentasikan riset-riset yang dikembangkan di teknik elektro UII. Diharapkan dari presentasi ini akan membuka kolaborasi riset baru antara UII dan Kumamoto University pada masa yang akan datang.

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 1

Teknik Elektro mengirimkan sejumlah dosen, admin, dan mahasiswa untuk melaksanakan Sakura Exchange di Kumamoto University, Jepang. Sakura Exchange dilaksanakan pada 29 Oktober 2018 hingga 7 November 2018. Pada kesempatan ini, Teknik Elektro UII dan Kumamoto University saling bertukar informasi terkait penelitian, pendidikan, serta budaya. Diharapkan dengan terlaksananya Sakura Exchange, dapat meningkatkan pengetahuan dan kualitas bagi teknik elektro baik dari sisi dosen, admin, dan mahasiswa.

Lomba Teknologi dan Inovasi – LEVITASI FTI UII

Levitasi merupakan lomba teknologi dan inovasi fakultas teknologi industri.
Tema: Pengembangan Produk Tepat Guna dengan Menggabungkan Antarpemanfaatan SUmber Daya Lokal dan Teknologi Mutakhir (Big Data, Control System, IoT, dll)
Informasi lengkap klik tautan berikut.

[TERBARU] Informasi Seputar Tugas Akhir 2 Reguler/Non-Percepatan Sem. Genap TA. 2020/2021

Assalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Rekan-rekan mahasiswa sekalian, berkaitan dengan informasi terbaru seputar pelaksanaan Tugas Akhir 2 bagi tim/kelompok reguler/non-percepatan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, dengan ini kami dari tim Capstone Design Program Studi Teknik Elektro FTI UII merilis beberapa agenda penting untuk dapat diperhatikan dengan seksama dan menjadi panduan untuk seluruh mahasiswa yang saat ini sedang mengambil mata kuliah Tugas Akhir 2. Silahkan mengunduh file berikut dan jika ada pertanyaan seputar agenda-agenda maupun keterangan-keterangan yang terdapat pada dokumen tersebut, silahkan mengirimkan pertanyaan ke surel resmi Teknik Elektro FTI UII di elektro@uii.ac.id atau menghubungi official Whatsapp Prodi Teknik Elektro FTI UII berikut (+62 823-2391-8815), atau mengontak dosen pembimbing Tugas Akhir anda masing-masing.

Silahkan Unduh –> Agenda Terbaru Seputar Tugas Akhir 2 Semester Genap TA. 2020/2021 bagi Kelompok Reguler/Non-Percepatan

Demikian pengumuman ini dibuat agar menjadi perhatian bagi seluruh mahasiswa terkait, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hormat Kami,
Tim Capstone Design TA2020/2021

Seri webinar mahasiswa Teknik Elektro UII #2 : Energy and Climate Change, The Role of Student in Riding The Waves of Energy Transition Era

Yogyakarta, 27 Maret 2021, Teknik Elektro UII kembali menggelar seri webinar dimana pada kali ini disampaikan oleh Muhammad Rizki Kresnawan sebagai Research Analyst of ASEAN Centre for Energy dengan tema materi adalah “Energy and Climate Change: The Role of Student in Riding The Waves of Energy Transition Era. Tema Webinar ini berfokus bagaimana agar generasi penurus dapat mengetahui dan menerapkan pentingnya menjaga lingkungan agar iklim dunia tetap terjaga.

Pada webinar ini, beliau menceritakan pengaruh dari dampak pemanasan global dan efek rumah kaca yang telah terjadi dan korelasinya dengan energi sektor. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan apa saja urgensi yang terjadi untuk menghubungkan antara energi dan kebjakan atau tindakan iklim. Dijelaskan bahwa pembakaran bahan bakar fosil adalah sumber dominan emisi gas rumah kaca antropogenik global sehingga transisi ke sistem energi berkelanjutan sangat penting untuk keberhasilan mitigasi perubahan iklim, namun perubahan iklim seringkali digolongkan sebagai masalah lingkungan yang harus ditangani oleh lembaga lingkungan hidup, yang mana padahal lembaga tersebut terpisah dari lembaga yang bergerak di bidang energi. Hal ini lah yang menciptakan tidak efektifnya dalam pembentukan kebijakan dan tindakan mitigasi. Banyak pembuat kebijakan energi menyadari bahwa Perjanjian Paris dimaksudkan untuk memobilisasi upaya global dalam memerangi perubahan iklim. Hanya saja, sebagian besar dari mereka memiliki pengetahuan terbatas tentang perjanjian tersebut dan tidak mengetahui definisi lengkap dari tujuan jangka panjang dan kerangka waktu NDC. Sebagian besar, hanya pejabat yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kebijakan perubahan iklim yang dapat menyediakan definisi yang benar karena pengurangan emisi merupakan tujuan sekunder kebijakan energi nasional.

Di akhir sesi webinar ini beliau menjelaskan apa saja poin penting yang harus diketahui bagi para mahasiswa, yaitu di antaranya adalah mahasiswa harus mempertahankan rasa lapar mereka akan pengetahuan perhubungan iklim-energi, karena masa depan jalur energi ada di “tangan mereka”, Kombinasi kohesif antara “hard science” dan “soft science” dapat mendorong transisi menjadi masyarakat rendah karbon, Transisi energi membutuhkan “engineers yang berpikiran tentang energi iklim” sehingga dapat menawarkan pilihan mitigasi perubahan iklim, lebih dari sekadar solusi teknologi energi yang ditawarkan oleh “ground engineers”. Untuk mengatasi kebutuhan ” engineers yang berpikiran tentang energi iklim”, universitas harus mampu untuk menyediakan “lingkungan yang mendukung” bagi para mahasiswa.

Seri webinar mahasiswa Teknik Elektro UII #1 : Suka Duka Bekerja sebagai Engineer di Norwegia

Yogyakarta, 27 Februari 2021, Teknik Elektro UII kembali menggelar seri webinar dimana pada kali ini disampaikan oleh Bpk. Ibnu Hafidz Arief, S.T.,M.Sc. sebagai Principal Reservoir Engineer at Equinor ASA dan Ibu. Ratna Ayu S. Winduratna, S.T., M.Sc. sebagai Senior Firmware & Syignal Processing Enginer at R&D of NSSLGlobal Technologies AS dengan tema materi adalah “Suka Duka Bekerja Sebagai Engineer di Norwegia”. Webinar ini dimoderatori oleh Annisa Hasna Bilqiz Azizah.

Tema Webinar ini berfokus pada latar belakang dan bagaimana perjalanan beliau sampai menjadi engineer di norwegia hingga menetap di sana, juga ide serta saran bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri agar dapat meningkatkan kemungkinan dan peluang untuk bisa berkarir hingga ke luar negeri. Di awal materi Ibu Ratna Ayu S.Winduratna dan Bpk. Ibnu Hafidz Arief membicarakan tentang latar belakang beliau, kehidupan dan pengalaman bekerja di norwegia, perjalanan menempuh pendidikan hingga sampai di titik ini, serta spesifik pekerjaan di negara norwegia sendiri.

Bpk. Ibnu Hafidz Arief dan Ibu Ratna Ayu S.Winduratna juga memberikan saran untuk pengembangan diri bagi mahasiswa agar dapat berkecimpung hingga ke luar negeri yang salah satunya yaitu norwegia. Saran ini sangatlah berguna bagi kita, dimana hal ini mengingatkan kita pentingnya mengembangkan diri untuk meningkatkan peluang bekerja di luar negeri. Setidaknya terdapat 5 hal penting yang perlu kita pahami dalam mengembangkan diri agar dapat bekerja di luar negeri yaitu “Meningkatkan peluang bekerja di norwegia, Strategi/ Persiapan, S2 atau Work Experience, Bidang berpotensi dan lowongan kerja”. Menurut Bpk. Ibnu Hafidz dan Ibu Ratna Ayu S.Winduratna kelima hal ini sangatlah penting, salah satunya yaitu menempuh Pendidikan S2,di mana beberapa negara terutama pada bagian eropa mengutamakan pekerja yang telah menyelesaikan Pendidikan S2 nya.

Sebagai penutup, tak lupa Bpk. Ibnu Hafidz dan Ibu Ratna Ayu S.Winduratna memberikan motivasi para mahasiswa untuk tetap semangat belajar dalam keadaan apapun yang sedang dihadapi sekarang agar keinginan menjadi generasi penerus engineer selanjutnya dapat tercapai.

Pengumuman Yudisium Bulan Februari 2021

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dengan berakhirnya semester Ganjil 2020/2021 Prodi Teknik Elektro akan menyelenggarakan Yudisium Kelulusan pada bulan Februari 2021 sebagai berikut:

  1. Pendaftaran yudisium dibuka sampai dengan tanggal 22 Februari 2021 jam 14.00 WIB.
  2. Formulir pendaftaran yudisium dapat diunduh pada tautan bit.ly/unduhanskripsite .
  3. Formulir pendaftaran yudisium yang telah disetujui oleh DPA diunggah pada tautan http://bit.ly/yudisiumte .
  4. Pelaksanaan rapat yudisium oleh dewan dosen dilaksanakan tanggal 23 Februari 2021.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadi perhatian.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Yogyakarta, 17 Februari 2021

Ketua Program Studi Teknik Elektro
Yusuf Aziz Amrulloh, Ph.D.

Surat Resmi Pengumuman Yudisium Februari 2021

Pengumuman – Sosialisasi Prosedur, Pelaksanaan, dan Seminar Kerja Praktik

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Prodi Teknik Elektro FTI UII akan mengadakan Sosialisasi Prosedur, Pelaksanaan dan Seminar Kerja Praktik untuk mahasiswa angkatan 2017 dan 2018, yang akan

dilaksanakan pada:

Mengingat pentingnya kegiatan ini dan banyaknya pertanyaan mahasiswa terkait Kerja Praktik, maka mahasiswa Angkatan 2017 dan Angkatan 2018 WAJIB untuk menghadiri

acara ini. Presensi dalam kegiatan ini akan menjadi syarat pengajuan Kerja Praktik dan Seminar Kerja Praktik.

Demikian pengumuman ini disampaikan. Terima atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Yogyakarta, 4 Februari 2021

Ketua Program Studi Teknik Elektro

Yusuf Aziz Amrulloh, Ph.D.

Pengumuman : Pendaftaran Sidang Skripsi Desember 2020

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Berikut disampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Skripsi bulan Desember 2020 Prodi Teknik Elekro FTI UII sebagai berikut :

  1. Pendaftaran ujian skripsi ditutup tanggal 30 Desember 2020 jam 13.00 WIB.
  2. Formulir pendaftaran ujian skripsi dapat diunduh pada tautan ly/unduhanskripsite.
  3. Permohonan tanda tangan Ka.Prodi pada formulir pendaftaran ujian skripsi dikirimkan melalui email elektro@uii.ac.id.
  4. Persyaratan dan dokumen ujian skripsi diunggah pada tautan ly/ujianskripsite.
  5. Pelaksanaan ujian skripsi akan dilaksanakan mulai tanggal 4 s/d 15 Januari 2021.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadi perhatian.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Yogyakarta, 24 Desember 2020

Sekretaris Prodi Teknik Elektro FTI UII

Medilla Kusriyanto, S.T., M.Eng.

Lampiran Dokumen -> Pengumuman pendaftaran sidang skripsi Desember 2020

Seri Webinar/Workshop Mahasiswa TE UII : Data Science and an Example of the Career Path

Yogyakarta, 5 Desember 2020 menjadi seri terakhir dari seluruh rangkaian webinar yang disajikan untuk mahasiswa Teknik Elektro FTI UII disepanjang tahun 2020 ini. Webinar kali ini menjadi webinar yang ke-12 pada tahun ini dan menghadirkan suatu tema yang sangat unik karena membicarakan karir dibidang yang masih terbilang baru untuk mahasiswa Teknik Elektro UII oleh alumninya yang berkarir dibidang engineering. Adapun tema yang diangkat yaitu “Data Science and the Career Path” oleh Fahmi Adi Nugraha, S.T. Fahmi bekerja disuatu perusahaan yang bergerak dibidang software development, PT. Agrisoft Systems Indonesia. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan aplikasi guna menganalisis data-data dalam bidang pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dimasa mendatang dan komoditas utama yang dianalisis adalah perkebunan kelapa sawit. Untuk mendukung hal tersebut, Fahmi dan perusahaannya menerapkan data science dan machine learning sebagai core utama dalam pengembangan aplikasinya.

Paparan materi yang disampaikan Fahmi menyangkut tentang berkarir dalam bidang data science bagi seorang lulusan teknik elektro dan tantangan yang harus dihadapi kedepannya. Secara umum, Fahmi menyampaikan bahwa materi keilmuan dalam perkuliahan di Teknik Elektro membantu dalam memahami bidang data science ini, terlebih, bagi seseorang yang belum pernah berkecimpung dalam bidang ini, maka membutuhkan effort yang besar untuk terus belajar dan mengintegrasikan berbagai macam keilmuan untuk membantu dalam mengembangkan karir dibidang data science itu sendiri. Setidaknya beberapa skill yang harus dipelajari untuk memulai berkarir dibidang data science antara lain:

Matematika mencakup Aljabar Linear, Probabilitas dan Statistik, Kalkulus
Programming mencakup Python, R, ataupun yang berkaitan dengan data science
Database
Machine Learning and Data Processing/Engineering
Domain Knowledge
Communication

Namun, yang paling utama bagi Fahmi selain mempelajari hal tersebut adalah sejauh apa kita akan menggali dan terus mau belajar dan melatih diri kita dengan current issues/knowledges yang menjadi dasar penggunaan data science ini. Sebagai contoh, dibidang  medis seperti penggunaan machine learning dan data science untuk penegakan diagnosa suatu penyakit, dibidang ekonomi kita dapat memprediksi keadaan stock markets untuk membantu mengambil suatu keputusan, dan dibidang lainnya yang sangat luas tentunya. Sebagai gambaran umum, narasumber kita juga membagi pengalamannya tentang aktivitas kesehariannya sebagai seorang data scientist yang meliputi koding program, menganalisis data dan membersihkan data, ekstraksi fitur/informasi penting, membangun model machine learning, testing dan validasi, dan tentu saja melaporkan temuan-temuannya untuk dijadikan sebagai knowledge-base untuk aplikasi yang dikembangkan perusahannya.

Di akhir pemaparannya, narasumber kita juga menyarankan agar para mahasiswa dapat memperkaya diri dengan mengikuti berbagai online course berkaitan dengan data science, terutama dimasa pandemi ini yang memberikan kita ruang lebih besar untuk belajar dari rumah. Walau tidak menjamin dengan mengikuti kursus tersebut akan memberikan peluang kerja yang besar, namun basic foundation tentang data science telah didapatkan, dan dapat digunakan untuk pekerjaan kita nantinya dan secara tidak langsung sebagai additional attributes dalam portofolio karir kita. Alumni kita ini juga menyemangati para mahasiswa agar terus belajar, dan mau berusaha untuk mengikuti berbagai seminar atau workshop yang ia yakini dapat menambah wawasan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja.

LINK MATERI -> Data Science and the Career Path Presentation

Seri Webinar/Workshop Mahasiswa TE UII : Corporate Culture di BUMN

Yogyakarta, 30 November 2020, Teknik Elektro UII kembali menggelar seri webinar yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Bpk. Andi Hakim Kusuma M.Sc. dari PT. Telekomunikasi Indonesia dengan tema materinya adalah “Corporate Culture di BUMN”. Webinar dimoderatori oleh Bpk. Yusuf Aziz Amrulloh, Ph.D. dan acara ini merupakan seri webinar rutin yang diagendakan oleh Prodi Teknik Elektro FTI UII di tahun 2020 ini. Tema webinar kali ini lebih berfokus terhadap karakterisasi para generasi penerus untuk meningkatkan etos kerja serta kualitas sumber daya manusia Indonesia. Di awal materi, Bpk. Andi Hakim membicarakan tentang “AKHLAK” yang merupakan slogan yang diusung oleh PT. Telekomunikasi Indonesia atau Telkom dalam membangun lingkungan kerjanya yang merupakan rangkaian kata Amanah Kompeten Harmonis Loyal Adaptif dan Kolaboratif. Hal ini juga senada dengan Prodi Teknik Elektro FTI UII yang juga mempunyai slogan CENDEKIA (Collaborative Endurarance Ethical Knowledgable Innovative dan Achiever) guna menghasilkan profil lulusan yang mempunyai daya saing di era globalisasi ini.

Bpk. Andi Hakim yang ternyata juga memiliki background sebagai seorang akademisi sebelum berkarir di BUMN, juga memaparkan tentang pentingnya culture yang baik didalam suatu perusahaan. Hal ini tentu dikarenakan sebagai suatu cara bagaimana persepsi dan orientasi kerja seseorang dapat terus meningkat dan berkembang, dan tentu saja akan berdampak terhadap masa depan kualitas perusahaannya. Setidaknya ada 3 hal yang perlu dipahami saat kita bekerja disuatu perusahaan, baik itu di BUMN atau perusahaan lainnya yaitu “Tujuan, Value/Nilai, dan Agility“. Menurut beliau, dengan memahami ketiga hal tersebut, serta didukung dengan menanamkan culture kerja yang baik, maka dapat mengembangkan pola pikir yang lebih positif kepada para karyawan/staf/jajaran diperusahaan yang tentu saja akan meningkatkan produktivitas dan memberikan manfaat kepada bangsa dan negara.

Sebagai penutup, tak lupa Bpk. Andi Hakim memotivasi para mahasiswa bahwa dimasa pandemi ini tentu saja akan banyak tantangan yang perlu kita waspadai dan kita harus memiliki strategi yang baik agar produktivitas tetap dapat terjaga sebagai salah satu upaya kita dalam mempercepat transformasi kerja yang lebih efektif dan produktif dari era konvensional menjadi era digital. Di akhir materi presentasi beliau, tak lupa Quote yang menarik untuk direnungi ialah

“Lihat ada masalah? Jangan panggil orang lain turun tangan, tapi panggil diri sendiri untuk turun tangan”

yang berarti manusia Indonesia harus memiliki inisiatif dalam memandang suatu persoalan sebagai langkah awal menjadi sosok yang lebih produktif.

[Webinar seri dunia kerja] – Soft Skill Dunia Kerja

Assalaamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Alhamdulillah, pada hari Selasa 20 Oktober 2020 Prodi Teknik Elektro telah berhasil menyelenggarakan webinar seri dunia kerja dengan tema “Soft Skill Dunia Kerja” yang diisi oleh Bapak Adang Atfan Ludhantono, ST., M.Eng. Beliau adalah salah satu alumni Prodi Teknik Elektro sekaligus anggota advisory board PSTE UII dari dunia industri. Sebagai pejabat Eselon III termuda, saat ini beliau diamanahi sebagai kepala bidang Penataan Ruang dan Pertanahan di Pemkab Magelang. Beliau banyak menyampaikan jenis-jenis serta pentingnya soft skill dalam dunia kerja melalui pengalaman pribadinya selama menjadi ASN di Pemkab Magelang.

Dalam sesi materi, beliau menyampaikan bahwa angkatan kerja yang tersedia tiap tahun selalu meningkat, sedangkan lapangan pekerjaan formal yang mampu menampung mereka dapat dikatan terbatas. Terlebih lagi, kemajuan teknologi saat ini memberikan dampak efisiensi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam beberapa sector industri.  Selain itu, perusahaan juga semakin mendorong penempatan SDM hanya di beberapa lini yang memang dibutuhkan. Universitas sebagai penghasil Angkatan kerja didorong untuk menghasilkan Angkatan kerja yang sinkron dengan kebutuhan SDM industri.

Menurut beliau, dunia kerja bukanlah dunia yang “ideal” seperti saat kita duduk di bangku kuliah, karena nantinya kita akan dihadapkan dengan banyak permasalahan yang membutuhkan solusi dari diri kita pribadi. Ilmu yang didapatkan saat kuliah, terutama saat duduk dibangku PSTE UII, banyak sekali memberikan manfaat dalam mengarahkan Langkah dan menata cara dalam memecahkan masalah dalam dunia kerja. Beliau mencontohkan bagaimana hukum Kirchof dapat memberikan masukan dalam mengelola kerja di kantornya supaya load pekerjaan tidak menumpuk dan dapat diselesaikan dengan segera.

Lebih lanjut, Beliau mengemukanan bahwa emampuan berpikir kritis dan analitis merupakan bekal penting yang sangat diasah saat mempelajari ilmu ke-elektroan yang kompleks. Mata kuliah di Teknik Elektro dapat melatih sisi kritis dan analitis yang di kemudian hari dapat digunakan untuk memahami dan memecahkan masalah di dunia kerja. Selain itu, kreatifitas, orisinalitas, dan inisiatif juga diperlukan dapat bertahan dalam dunia kerja. Karena dengan maraknya peran teknologi, kita dituntut untuk lebih kompetitif dengan orang lain.

Leadership dan pengaruh social sangat membatu kita dalam melakukan perubahan. Melalui kepemimpinan, kita memiliki posisi untuk dapat mempengaruhi orang lain. Beliau menyatakan, bahwa menjadi seorang pemimpin itu sifatnya “ngemong” bawahan. Skill untuk memberikan pekerjaan tanpa terkesan memerintah adalah salah satu kunci keberhasilan dalam dunia kerja. Selanjutnya adalah kemampuan kecerdasan emosional yang termasuk di dalamnya adalah attitude yang memegang peranan penting dalam dunia kerja.

Kesemua soft skill ini akan mempengaruhi pola komunikasi kita di dunia kerja. Cara berkomunikasi dengan bawahan, teman sejawat, bahkan dengan atasan akan menunjukkan penguasaan kita terhadap soft skill yang kita miliki di dunia kerja.

Seri Webinar/Workshop Mahasiswa TE UII : Robot dan Kehidupan Manusia

Assalamu alaikum wr.wb.

Hadirnya robotika dan kecerdasan buatan

Banyak memberikan manfaat dan kemudahan

Mulai pendidikan, industri sampai kesehatan

Namun manusia tetaplah pemain utama kehidupan

Pada era industry 4.0 saat ini, peran bidang robotika dan kecerdasan buatan dalam kehidupan makin signifikan. Pengaruhnya ada di berbagai sektor, mulai dari dunia industri, kesehatan, pertanian, sampai pendidikan. Pada 29 September 2020, Teknik Elektro UII mengadakan Webinar Robotika dengan tema “Robot dan Kehidupan Manusia” bekerja sama dengan UBTECH dan Story-i. Kegiatan ini diikuti oleh 200 lebih peserta, utamanya adalah mahasiswa baru Teknik Elektro Universitas Islam Indonesia.

Pak Mei Suryanegara mengawali acara dengan menceritakan tentang Story-I, berawal dari Apple Authorised Reseller di Semarang pada 2010 kemudian berkembang memberikan banyak layanan. Termasuk juga layanan bidang pendidikan menggunakan alat dan sistem dari Apple. Pak Franckie melanjutkan mengenalkan tentang UBTECH sebagai perusahaan pengembang AI (artificial intelligence) dan robot humanoid terkemuka dunia yang didirikan pada tahun 2012. UBTECH telah mengembangkan robot humanoid konsumen, robot layanan perusahaan, dan robot pembangun keterampilan untuk kepentingan pendidikan.

Lebih jauh tentang peran dan aplikasi robotika dan AI di era industry 4.0 dijelaskan oleh Mr.Ray Ong selaku UBTECH Regional Sales Director. Beliau menyampaikan bagaimana kecanggihan teknologi telah diterapkan untuk mendukung kehidupan manusia, termasuk dalam penanganan COVID-19 yang menggunakan robot untuk penyemprotan disinfektan dan pemindai suhu tubuh manusia. Sedangkan terkait dengan jenis, komponen dan cara kerja robot dijelaskan oleh Pak Bindran Rivaliano.

Selain memberikan wawasan tentang robotika dan AI, pada acara ini peserta juga diajak untuk merasakan langsung salah satu aspek penting pada pengembangan robot yaitu programming. Kak Yamto dan Kak El mengajak peserta langsung untuk melakukan programming robot menggunakan pemrograman berbasis scratch yang dikembangkan oleh UBTECH. Peserta sangat senang mengikuti acara ini, banyak yang bertanya tentang masa depan robot dan manusia. Peserta juga sangat antusias karena bisa langsung mempraktekkan pemrograman dasar robotika.

Firdaus

Silakan download materi pada link berikut