Berita dan Acara/Event Terkini

Launching & Sosialisasi SIM LOA (Learning Outcome Assessment)

Assalamu alaikum wr.wb.

Diberitahukan kepada mahasiswa elektro KHUSUS angkatan 2017 dan 2018, bahwa akan diadakan launching SIM LOA pada:

Hari : Senin, 15 Juli 2019

Pukul : 13.00-14.00

Tempat : Audio Visual 1.10

SIM LOA berisi Kinerja Capaian Lulusan Setiap Mahasiswa. Selain itu, SIM dapat digunakan untuk proses bimbingan/perwalian dengan DPA (Dewan Pembimbing Akademik) masing-masing.

Mengingat pentingnya acara tersebut, diharap mahasiswa dapat hadir tepat pada waktunya.

Wassalamu alaikum wr.wb.

SEGO 28

Assalamu alaikum wr.wb.

Diberitahukan kepada mahasiswa teknik elektro, bahwa akan diadakan studium general yang akan dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal : Jumat, 5 Juli 2019
  • Pukul : 09.00-11.30
  • Ruang :  Ruang 3.05
  • Pembicara : BPBD DIY dan Andi Hakim

Bagi peserta yang hadir pada kuliah ini akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan sebagai SKPI. Pendaftaran dapat dilaksanakan pada bit.ly/segote28 (gunakan akun email UII).

Harap dijadikan perhatian.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Workshop Self Awareness

CEPT CAMP

Pelaksanaan S3D

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 4-End

Sebagai universitas yang mengusung nilai islami, dosen dan mahasiswa teknik elektro UII melakukan kunjungan ke Kumamoto Islamic Centre (KIC). KIC teridiri dari umat muslim dari berbagai penjuru dunia, terutama pelajar dari Indonesia. Melalui KIC, umat muslim dapat saling bersilaturahmi dan bersama menimba ilmu agama.

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 3

Dosen dan mahasiswa mengikuti open campus dan festival budaya di Kumamoto University pada program Sakura Exchange. Pada open campus didemokan hasil penelitian dari masing-masing program studi dan laboratorium. Selain itu juga diadakan pentas budaya serta festival makanan. Open campus dan festival budaya tersebut tidak hanya dihadiri oleh akademisi kampus, namun masyarakat secara luas seperti anak-anak dan ibu rumah tangga.

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 2

Dosen dan mahasiswa melaksanakan presentasi riset di Kumamoto University pada program Sakura Exchange. Mahasiswa yang dikirimkan dari teknik elektro terdiri dari dua angkatan yaitu angkatan 2014 dan 2015. Arridha Amrad merupakan mahasiswa angkatan 2014, sedangkan Izza Alifa dan Aisha Widi merupakan mahasiswa angkatan 2015. Pada kesempatan ini, dosen dan masing-masing mahasiswa mempresentasikan riset-riset yang dikembangkan di teknik elektro UII. Diharapkan dari presentasi ini akan membuka kolaborasi riset baru antara UII dan Kumamoto University pada masa yang akan datang.

Sakura Exchange Teknik Elektro Part 1

Teknik Elektro mengirimkan sejumlah dosen, admin, dan mahasiswa untuk melaksanakan Sakura Exchange di Kumamoto University, Jepang. Sakura Exchange dilaksanakan pada 29 Oktober 2018 hingga 7 November 2018. Pada kesempatan ini, Teknik Elektro UII dan Kumamoto University saling bertukar informasi terkait penelitian, pendidikan, serta budaya. Diharapkan dengan terlaksananya Sakura Exchange, dapat meningkatkan pengetahuan dan kualitas bagi teknik elektro baik dari sisi dosen, admin, dan mahasiswa.

Lomba Teknologi dan Inovasi – LEVITASI FTI UII

Levitasi merupakan lomba teknologi dan inovasi fakultas teknologi industri.
Tema: Pengembangan Produk Tepat Guna dengan Menggabungkan Antarpemanfaatan SUmber Daya Lokal dan Teknologi Mutakhir (Big Data, Control System, IoT, dll)
Informasi lengkap klik tautan berikut.

Seri ke-1 : Kuliah Capstone Design

Assalamu’alaikum wr.wb.

Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa Prodi Teknik Elektro FTI UII yang mengambil mata kuliah Tugas Akhir 1, bahwa akan diadakan Kuliah Capstone Design dengan materi “Refresh your Engineering Concept”, yang akan disampaikan oleh Sisdarmanto Adinandra,Ph.D dan Alvin Sahroni, Ph.D pada:

Hari, tanggal : Kamis, 9 Desember2021
Waktu : 09.30 – 12.00
Link Zoom : https://uii.zoom.us/j/96996975422

Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadi perhatian.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Yogyakarta, 03 Desember 2021
Ka.Prodi Teknik Elektro

Lampiran (Gunakan Akun UII) : Surat Resmi Pengumuman Kuliah Capstone Design

Undangan Sosialisasi Capstone Design TA. 2021/2022

Assalamu’alaikum wr.wb.
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa Prodi Teknik Elektro FTI UII yang mengambil mata kuliah Tugas Akhir 1, sebagai persiapan pelaksanaan Capstone Design, akan diselenggarakan sosialisasi terkait persiapan, pelaksanaan dan evaluasi Capstone Design pada:

Mengingat pentingnya proses Capstone Design, mahasiswa diharap dapat mengikuti kegiatan tersebut dari awal sampai akhir. Demikian pengumuman ini dibuat dan harap diperhatikan dengan seksama.


Wassalamu’alaikum wr.wb.
Yogyakarta, 1 Oktober 2021,

Kaprodi Teknik Elektro FTI UII

Yusuf Aziz Amrulloh, Ph.D.

Tautan : Pengumuman Undangan Sosialisasi Capstone Design TA 2021/2022

Pemilihan Judul TA/Capstone dan Undangan Sosialisasi

Assalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Rekan-rekan mahasiswa sekalian,

Berdasarkan hasil rekapitulasi pemilihan topik Tugas Akhir / Capstone Design, maka beberapa mahasiswa belum mendapatkan topik Tugas Akhir / Capstone Design dikarenakan kuota untuk topik terkait hanya diperuntukkan untuk 2 mahasiswa per kelompoknya. Sehingga, kami dari Tim Persiapan Capstone Design membuka kesempatan terakhir dan terbatas kepada mahasiswa yang belum mendapatkan topik dan belum memilih topik untuk dapat memilih dosen pembimbing dan topik Tugas Akhir / Capstone Design nya pada link berikut (https://rebrand.ly/PilihCapstone). Kami melampirkan dalam pengumuman ini mahasiswa yang telah mendapatkan topik Tugas Akhirnya, dan nama yang tidak tertera didaftar tersebut diminta untuk mengikuti pemilihan ini kembali. Berikut adalah beberapa ketentuan yang perlu dipahami saat pemilihan Topik Tugas Akhir / Capstone Design ini :

  1. Pemilihan ini bersifat real-time count, sehingga mahasiswa dapat mengetahui dosen dan topik Tugas Akhir yang masih available/tersedia. Pilihlah dengan hati-hati.
  2. Mahasiswa diminta mengisi NIM disaat mengisi pilihannya. Saat memberikan pilihan tersebut, mahasiswa hanya memilih 1 pilihan dengan mencentang dosen dan topik Tugas Akhir / Capstone Design. Bagi yang tidak mengisi menggunakan NIM dianggap invalid / tidak sah.
  3. Tiap mahasiswa hanya boleh mengisi 1x (1 NIM yang terdaftar). Jika ditemukan lebih dari 1x pemilihan (duplikasi NIM), maka akan dihapus oleh admin salah satunya secara random/acak.
  4. Jika ada mahasiswa yang tidak memilih atau tidak dapat dipilih karena melanggar aturan poin ke 2 maka Tim Persiapan Capstone Design akan memilihkan mahasiswa tersebut kelompok/topik Tugas Akhir yang masih tersisa dan pilihan tim tidak dapat diganggu gugat.
  5. Pemilihan ini hanya dilakukan pada tanggal 30 September 2021 (Kamis), pukul 20.00 s/d 22.00 WIB (jika ada yang berada diwilayah/zona selain WIB, silahkan menyesuaikan).

Finalisasi daftar kelompok dengan topik Tugas Akhir / Capstone Design akan diumumkan pada tanggal 2 Oktober 2021.

Sosialisasi Pelaksanaan Tugas Akhir / Capstone Design Tahun Akademik 2021/2022 akan dilaksanakan pada waktu berikut:

Hari : Sabtu
Tanggal : 2 Oktober 2021
Pukul : 13.30 – 14.30 WIB
Link Zoom : https://rebrand.ly/SosialisasiCapstone

Mengingat pentingnya proses Capstone Design, mahasiswa diharap dapat mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut dari awal sampai akhir. 

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, mohon dapat dipahami dan dibaca secara seksama.

Wassalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Tim Persiapan Capstone Design

LINK PENTING : Daftar mahasiswa yang telah memiliki topik TA/Capstone

Pengumuman Yudisium Akhir Masa Studi Periode Agustus 2021

PENGUMUMAN
No. 319/Kajur-Prodi.TE-S1/10/Prodi TE-S1/VIII/2021
Hal :  Yudisium Akhir Masa Studi Bulan Agustus 2021

 Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Berikut disampaikan bahwa Yudisium Akhir Masa Studi Bulan Agustus 2021 Program Studi Teknik Elektro FTI UII sebagai berikut:

  1. Pendaftaran yudisium dibuka sampai dengan tanggal 23 Agustus 2021 jam 14.00 WIB.
  2. Formulir pendaftaran yudisium dapat diunduh pada tautan https://bit.ly/form_yudisium_pste
  3. Formulir pendaftaran yudisium yang telah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing Akademik diunggah pada tautan bit.ly/yudisiumte
  4. Pelaksanaan yudisium akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Agustus 2021.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti yudisium diwajibkan mendaftar sesuai dengan ketentuan tersebut di atas. Keterlambatan pendaftaran tidak akan diproses.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadi perhatian.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Yogyakarta, 20 Agustus 2021

Sekretaris Program Studi Teknik Elektro
Medilla Kusriyanto, ST, M.Eng.

Lampiran : Surat edaran terkait pengumuman yudisium akhir masa studi Agustus 2021

[UPDATED] Agenda Remediasi Sem. Genap 2020/2021

Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Diberitahukan kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, bahwa agenda Ujian Remediasi Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2021 sampai dengan 20 Agustus 2021. Adapun Agenda Remediasi adalah sebagai berikut:

Untuk mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 dan 2021

  1. Pendaftaran dilakukan secara online di https://bit.ly/form1remedte17.
  2. Cek formulir remediasi di email anda. Pastikan isian mata kuliah dan jumlah CPMK yang diremediasi sudah benar.
  3. Lakukan pembayaran dengan cara transfer ke nomor rekening yang tertera di form key in.
  4. Tarif remidiasi untuk setiap CPMK adalah Rp. 50.000,00
  5. Upload file pdf formulir remediasi dan bukti transfer ke: http://bit.ly/form2remed
  6. Batas Upload dokumen formulir remediasi MAKSIMAL pada H-1 sebelum jam 12.00 siang. Untuk jadwal remediasi hari Senin, pendaftaran terakhir pada hari Jumat jam 11.00 WIB. Apabila melebihi batas tersebut, mahasiswa tidak bisa mengikuti remediasi.
  7. Proses pendaftaran, upload berkas wajib dilakukan pada jam kerja Senin-Jumat.

Untuk mahasiswa angkatan 2016 dan sebelumnya

  1. Key dapat dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Fakultas Teknologi Industri dan pada H-1 pelaksanaan remidiasi mata kuliah sebelum jam 12.00 WIB. Untuk jadwal remediasi hari Senin, pendaftaran terakhir pada hari Jumat jam 11.00 WIB.
  2. Informasi remidiasi dapat dilihat di tautan berikut https://fit.uii.ac.id/blog/2021/08/04/agenda-remediasi-semester-genap-2020-2021/

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Yogyakarta, 9 Agustus 2021
Ketua Program Studi Teknik Elektro

NB : Surat edaran resmi Ketua Program Studi Teknik Elektro FTI UII

[TERBARU] Informasi Seputar Tugas Akhir 2 Reguler/Non-Percepatan Sem. Genap TA. 2020/2021

Assalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Rekan-rekan mahasiswa sekalian, berkaitan dengan informasi terbaru seputar pelaksanaan Tugas Akhir 2 bagi tim/kelompok reguler/non-percepatan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, dengan ini kami dari tim Capstone Design Program Studi Teknik Elektro FTI UII merilis beberapa agenda penting untuk dapat diperhatikan dengan seksama dan menjadi panduan untuk seluruh mahasiswa yang saat ini sedang mengambil mata kuliah Tugas Akhir 2. Silahkan mengunduh file berikut dan jika ada pertanyaan seputar agenda-agenda maupun keterangan-keterangan yang terdapat pada dokumen tersebut, silahkan mengirimkan pertanyaan ke surel resmi Teknik Elektro FTI UII di [email protected] atau menghubungi official Whatsapp Prodi Teknik Elektro FTI UII berikut (+62 823-2391-8815), atau mengontak dosen pembimbing Tugas Akhir anda masing-masing.

Silahkan Unduh –> Agenda Terbaru Seputar Tugas Akhir 2 Semester Genap TA. 2020/2021 bagi Kelompok Reguler/Non-Percepatan

Demikian pengumuman ini dibuat agar menjadi perhatian bagi seluruh mahasiswa terkait, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hormat Kami,
Tim Capstone Design TA2020/2021

Seri webinar mahasiswa Teknik Elektro UII #2 : Energy and Climate Change, The Role of Student in Riding The Waves of Energy Transition Era

Yogyakarta, 27 Maret 2021, Teknik Elektro UII kembali menggelar seri webinar dimana pada kali ini disampaikan oleh Muhammad Rizki Kresnawan sebagai Research Analyst of ASEAN Centre for Energy dengan tema materi adalah “Energy and Climate Change: The Role of Student in Riding The Waves of Energy Transition Era. Tema Webinar ini berfokus bagaimana agar generasi penurus dapat mengetahui dan menerapkan pentingnya menjaga lingkungan agar iklim dunia tetap terjaga.

Pada webinar ini, beliau menceritakan pengaruh dari dampak pemanasan global dan efek rumah kaca yang telah terjadi dan korelasinya dengan energi sektor. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan apa saja urgensi yang terjadi untuk menghubungkan antara energi dan kebjakan atau tindakan iklim. Dijelaskan bahwa pembakaran bahan bakar fosil adalah sumber dominan emisi gas rumah kaca antropogenik global sehingga transisi ke sistem energi berkelanjutan sangat penting untuk keberhasilan mitigasi perubahan iklim, namun perubahan iklim seringkali digolongkan sebagai masalah lingkungan yang harus ditangani oleh lembaga lingkungan hidup, yang mana padahal lembaga tersebut terpisah dari lembaga yang bergerak di bidang energi. Hal ini lah yang menciptakan tidak efektifnya dalam pembentukan kebijakan dan tindakan mitigasi. Banyak pembuat kebijakan energi menyadari bahwa Perjanjian Paris dimaksudkan untuk memobilisasi upaya global dalam memerangi perubahan iklim. Hanya saja, sebagian besar dari mereka memiliki pengetahuan terbatas tentang perjanjian tersebut dan tidak mengetahui definisi lengkap dari tujuan jangka panjang dan kerangka waktu NDC. Sebagian besar, hanya pejabat yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kebijakan perubahan iklim yang dapat menyediakan definisi yang benar karena pengurangan emisi merupakan tujuan sekunder kebijakan energi nasional.

Di akhir sesi webinar ini beliau menjelaskan apa saja poin penting yang harus diketahui bagi para mahasiswa, yaitu di antaranya adalah mahasiswa harus mempertahankan rasa lapar mereka akan pengetahuan perhubungan iklim-energi, karena masa depan jalur energi ada di “tangan mereka”, Kombinasi kohesif antara “hard science” dan “soft science” dapat mendorong transisi menjadi masyarakat rendah karbon, Transisi energi membutuhkan “engineers yang berpikiran tentang energi iklim” sehingga dapat menawarkan pilihan mitigasi perubahan iklim, lebih dari sekadar solusi teknologi energi yang ditawarkan oleh “ground engineers”. Untuk mengatasi kebutuhan ” engineers yang berpikiran tentang energi iklim”, universitas harus mampu untuk menyediakan “lingkungan yang mendukung” bagi para mahasiswa.

Seri webinar mahasiswa Teknik Elektro UII #1 : Suka Duka Bekerja sebagai Engineer di Norwegia

Yogyakarta, 27 Februari 2021, Teknik Elektro UII kembali menggelar seri webinar dimana pada kali ini disampaikan oleh Bpk. Ibnu Hafidz Arief, S.T.,M.Sc. sebagai Principal Reservoir Engineer at Equinor ASA dan Ibu. Ratna Ayu S. Winduratna, S.T., M.Sc. sebagai Senior Firmware & Syignal Processing Enginer at R&D of NSSLGlobal Technologies AS dengan tema materi adalah “Suka Duka Bekerja Sebagai Engineer di Norwegia”. Webinar ini dimoderatori oleh Annisa Hasna Bilqiz Azizah.

Tema Webinar ini berfokus pada latar belakang dan bagaimana perjalanan beliau sampai menjadi engineer di norwegia hingga menetap di sana, juga ide serta saran bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri agar dapat meningkatkan kemungkinan dan peluang untuk bisa berkarir hingga ke luar negeri. Di awal materi Ibu Ratna Ayu S.Winduratna dan Bpk. Ibnu Hafidz Arief membicarakan tentang latar belakang beliau, kehidupan dan pengalaman bekerja di norwegia, perjalanan menempuh pendidikan hingga sampai di titik ini, serta spesifik pekerjaan di negara norwegia sendiri.

Bpk. Ibnu Hafidz Arief dan Ibu Ratna Ayu S.Winduratna juga memberikan saran untuk pengembangan diri bagi mahasiswa agar dapat berkecimpung hingga ke luar negeri yang salah satunya yaitu norwegia. Saran ini sangatlah berguna bagi kita, dimana hal ini mengingatkan kita pentingnya mengembangkan diri untuk meningkatkan peluang bekerja di luar negeri. Setidaknya terdapat 5 hal penting yang perlu kita pahami dalam mengembangkan diri agar dapat bekerja di luar negeri yaitu “Meningkatkan peluang bekerja di norwegia, Strategi/ Persiapan, S2 atau Work Experience, Bidang berpotensi dan lowongan kerja”. Menurut Bpk. Ibnu Hafidz dan Ibu Ratna Ayu S.Winduratna kelima hal ini sangatlah penting, salah satunya yaitu menempuh Pendidikan S2,di mana beberapa negara terutama pada bagian eropa mengutamakan pekerja yang telah menyelesaikan Pendidikan S2 nya.

Sebagai penutup, tak lupa Bpk. Ibnu Hafidz dan Ibu Ratna Ayu S.Winduratna memberikan motivasi para mahasiswa untuk tetap semangat belajar dalam keadaan apapun yang sedang dihadapi sekarang agar keinginan menjadi generasi penerus engineer selanjutnya dapat tercapai.

Pengumuman Yudisium Bulan Februari 2021

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dengan berakhirnya semester Ganjil 2020/2021 Prodi Teknik Elektro akan menyelenggarakan Yudisium Kelulusan pada bulan Februari 2021 sebagai berikut:

  1. Pendaftaran yudisium dibuka sampai dengan tanggal 22 Februari 2021 jam 14.00 WIB.
  2. Formulir pendaftaran yudisium dapat diunduh pada tautan bit.ly/unduhanskripsite .
  3. Formulir pendaftaran yudisium yang telah disetujui oleh DPA diunggah pada tautan http://bit.ly/yudisiumte .
  4. Pelaksanaan rapat yudisium oleh dewan dosen dilaksanakan tanggal 23 Februari 2021.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadi perhatian.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Yogyakarta, 17 Februari 2021

Ketua Program Studi Teknik Elektro
Yusuf Aziz Amrulloh, Ph.D.

Surat Resmi Pengumuman Yudisium Februari 2021

Pengumuman – Sosialisasi Prosedur, Pelaksanaan, dan Seminar Kerja Praktik

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Prodi Teknik Elektro FTI UII akan mengadakan Sosialisasi Prosedur, Pelaksanaan dan Seminar Kerja Praktik untuk mahasiswa angkatan 2017 dan 2018, yang akan

dilaksanakan pada:

Mengingat pentingnya kegiatan ini dan banyaknya pertanyaan mahasiswa terkait Kerja Praktik, maka mahasiswa Angkatan 2017 dan Angkatan 2018 WAJIB untuk menghadiri

acara ini. Presensi dalam kegiatan ini akan menjadi syarat pengajuan Kerja Praktik dan Seminar Kerja Praktik.

Demikian pengumuman ini disampaikan. Terima atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Yogyakarta, 4 Februari 2021

Ketua Program Studi Teknik Elektro

Yusuf Aziz Amrulloh, Ph.D.