Laboratorium Dasar Teknik Elektro

Laboratorium Dasar Teknik Elektro adalah laboratorium yang membantu mahasiswa mempelajari dasar-dasar atau prinsip-prinsip teknik elektro. Laboratorium ini sudah dilengkapi dengan perangkat pengukuran dan pemantauan terbaru. Ini akan membantu mahasiswa saat melakukan beberapa percobaan prinsip instrumentasi menggunakan berbagai jenis sensor, fenomena dasar rangkaian RLC, dan respon rangkaian menggunakan osiloskop GW Instek. Dengan menggunakan osiloskop 40 MHz dari GW Instek, seri GDS-1042, siswa dapat melakukan percobaan dan belajar secara dinamis menggunakan perangkat ini untuk menganalisis rangkaian secara real-time dengan laju pengambilan sampel mencapai 250 MSa dan GSa / s. Dengan fitur konektivitas USB-PC, perangkat akan dapat terhubung ke komputer untuk analisis lebih lanjut menggunakan aplikasi eksternal. Laboratorium ini juga menyediakan perangkat pengukur sinyal analog / digital dasar dan Function Generator untuk membantu mahasiswa selama bekerja di laboratorium dan maupun eksperimen penelitian.

Kepala Laboratorium : Dzata Farahiyah, S.T., M.Sc.
Laboran : Taufiqurrohman Al Adhim, S.Pd.

Laboratorium Sistem Ketenagaan

Laboratorium sistem ketenagaan adalah salah satu laboratorium yang dimiliki oleh Program Studi Teknik Elektro. Laboratorium ini berfokus pada penelitian yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Contoh modul yang dimiliki oleh laboratorium ini adalah pembangkit listrik tenaga surya dan angin. Modul ini digunakan untuk media pembelajaran praktikum  konversi energi di laboratorium yang ada di dalam kurikulum program studi Teknik Elektro UII. Modul lain adalah sistem generator tiga fase. Modul ini digunakan untuk mempelajari prinsip motor dan generator listrik. Laboratorium sistem daya juga memiliki peralatan pengukuran seperti Power Meter Analyzers, multimeter digital, RLC meter, dll. Peralatan tersebut digunakan untuk merekam dan atau mengukur tegangan, arus, daya, frekuensi, faktor daya tiga fase, reaktansi, induktansi, dan kapasitansi perangkat listrik.

Head of Laboratory : Husein Mubarok,S.T.,M.Eng.
Laboratory Staff : Handri Setyo, AMd.

Laboratorium Elektronika

Laboratorium Elektronika adalah laboratorium yang dimiliki oleh program studi Teknik Elektro UII yang membantu mahasiswa untuk mempelajari prinsip-prinsip dasar dalam sistem elektronika. Laboratorium ini sudah dilengkapi dengan alat pengukur terbaru, osiloskop, generator fungsi otomatis / AFG. Oleh karena itu, mahasiswa akan dapat mempelajari prinsip-prinsip rangkaian elektronika, elektronika digital, dan mikroprosesor / mikrokontroler dengan melakukan berbagai eksperimen. Berbagai analisis dasar elektronik analog seperti respon / tanggapan sinyal elektornik dapat dipelajari di laboratorium ini. Laboratorium ini juga menyediakan fasilitas bagi mahasiswa untuk belajar elektronika digital dengan melakukan pekerjaan laboratorium dan melengkapi kemampuan mahasiswa untuk menggunakan mikrokontroler / mikroprosesor. Sebagai penutup, laboratorium ini memberikan kepada mahasiswa untuk memberikan kemampuan dalam melakukan pengukuran rangkaian elektronik analog maupun digital melalui latihan-latihan dan eksperimen-eksperimen maupun kegiatan penelitian.

Head of Laboratory : Setyawan Wahyu Pratomo,S.T.,M.T.
Laboratory Staff : Dian Ariyanto, AMd.

Laboratorium Telekomunikasi

Laboratorium Telekomunikasi mendukung proses pembelajaran dan penelitian di bidang telekomunikasi, mulai dari telekomunikasi dasar (misalnya modulasi, baik analog maupun digital), antena, sistem radio dan televisi, media transmisi (optik, nirkabel, LAN), pemrosesan sinyal digital, sistem telepon, hingga jaringan telekomunikasi modern (2G, 3G dan 4G). Beberapa peralatan yang dimiliki oleh Laboratorium Telekomunikasi meliputi: Modul Kit Pelatihan Dasar EMONA (untuk mempelajari proses pembentukan sinyal telekomunikasi dari pengirim ke penerima), Modul Sistem Komunikasi Serat Optik dan Optical Time Domain Reflectometer (OTDR), Modul Internet of Things (IoT), modul Global Position System (GPS), modul Indoor Localization, Modul dan Antena Sistem Komunikasi Nirkabel, modul Drive Test 4G, dan modul televisi.

Head of Laboratory : Ida Nurcahyani.S.T.,M.Eng.
Laboratory Staff : Taufiqurrohman Al Adhim, S.Pd.

Laboratorium Kendali dan Otomasi Industri

Laboratorium Kendali dan Otomasi Industri adalah laboratorium yang mendukung pelaksanaan kegiatan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Jurusan Teknik Elektro Universitas Islam Indonesia. Fasilitas yang sangat baik untuk pendidikan dan penelitian di laboratorium ini adalah sebagai berikut: Ketersediaan myDAQ, myRIO dan LabView berlisensi resmi (National Instruments). Fasilitas ini dapat digunakan untuk dosen dan mahasiswa untuk merancang sistem pengendalian proses. Ketersediaan model sistem kendali level dan suhu yang dapat menggambarkan sistem kendali proses di dunia industri, sehingga siswa dapat memahami proses industri secara keseluruhan. Logic Control yang dapat diprogram dengan jenis PLC OMRON dan SIEMENS untuk mengendalikan lampu lalu lintas, kontrol konveyor, kontrol level fluida, dan kontrol dengan SCADA (Supervisory control and data acquisition). Mikrokontroler yang dapat digunakan untuk mengontrol berbagai objek, seperti kecepatan motor, pengaturan suhu dan elevator. Beberapa modul lengan robot juga tersedia sebagai sarana pembelajran untuk lebih memahami sistem robotika.

Head of Laboratory : Almira Budiyanto,S.Si.,M.Eng.
Laboratory Staff : Heri Suryantoro, A.Md.

Laboratorium Komputer dan Simulasi

Laboratorium ini memfasilitasi praktikum maupun pekerjaan simulasi/eksperimen pemrograman komputer, perancangan jaringan komputer dan manajemen jaringan komputer. Di laboratorium ini telah tersedia modul router CISCO, sakelar katalis dan modul DSP (Digital Signal Processor) luaran Texas Instrument.

Head of Laboratory : Elvira Sukma Wahyuni,S.Pd.,M.Eng.
Laboratory Staff : Heri Suryantoro, A.Md.