Kegiatan Akademik

Program Studi kami menyediakan beberapa kegiatan akademik yang dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, kemampuan hardskill dan softskill mahasiswa bersama dengan mitra-mitra kami. Beberapa Kegiatan tersebut antara lain:

  1. Kelompok Penelitian/Grup Riset (Bidang Kontrol dan Otomasi, Sistem Tenaga Listrik dan Energi, Telekomunikasi, dan Teknik Biomedis)
  2. Robotik
  3. Workshop
  4. Seminar Teknologi Maju (Advanced Technology)
  5. Penelitian/Riset Bersama (Joint Research)
  6. dan lain lain

IEEE Student Branch

Lebih dari 100.000 keanggotaan mahasiswa sarjana dan pascasarjana  di seluruh dunia menyumbang  25% dari keanggotaan IEEE dan sangat penting untuk perkembangan dan vitalitasnya yang berkelanjutan. IEEE tidak hanya merupakan sebuah komunitas teknis dan profesional terbesar di dunia, tetapi juga sebagai penerbit sejumlah besar literatur di dunia yang berkaitan dengan bidang teknik elektro dan ilmu komputer. Sebagai salah satu IEEE student branch, mahasiswa akan mengikuti berbagai kegiatan seperti workshop, seminar, pelatihan, dan pertemuan komunitas IEEE lainnya.

Program Pertukaran Pelajar (Exchange Students)

Jangan lewatkan kesempatan untuk pergi ke luar negeri dan menemukan pengalaman baru dengan bergabung dengan program pertukaran pelajar antara UII dan kemitraan kami. Program pertukaran pelajar menyediakan kegiatan pertukaran antara dua universitas / lembaga untuk berbagi sistem dan platform pendidikan, pengetahuan, kegiatan penelitian/riset, magang, dan kegiatan akademik lainnya untuk jangka pendek atau jangka panjang. mahasiswa akan belajar bagaimana cara bersaing dan menghadapi tantangan globalisasi. Beberapa kegiatan pertukaran pelajar kami yang sudah dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Summer Program
  • Sakura Exchange Science Program
  • Internship and Final Projects
  • Joint Research

Penelitian dan Kompetisi Mahasiswa

Kegiatan penelitian/riset adalah salah satu bagian alamiah sebagai mahasiswa teknik elektro. Bukan hanya sebagai tugas akhir, penelitian sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari mahasiswa dan melingkup  ke berbagai bidang seperti kontrol dan otomasi, elektronik dan sistem tertanam, pemrograman, dan banyak bidang lainnya. Kegiatan penelitian  akan membantu para mahasiswa untuk meningkatkan keterampilannya hingga ke tingkat yang lebih tinggi.
Berbagai kompetisi antar mahasiswa juga telah diikuti oleh mahasiswa teknik elektro kami, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mahasiswa Teknik Elektro UII berperan aktif dalam kompetisi yang melibatkan bidang robotik dan penelitian mahasiswa yang berorientasi untuk memberikan ide dan solusi dalam masalah sosial dengan produk yang sesuai. Beberapa kompetisi yang secara rutin diikuti oleh mahasiswa kami adalah Kontes Robot Nasional, Pekan  Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan banyak kompetisi insidental yang sejalan dengan bidang penelitian mahasiswa di program studi kami