Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022

Program Studi Teknik Elektro

Terakreditasi Provisional

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

BIAYA KULIAH

Kami menyediakan fitur simulasi / estimasi biaya kuliah di Program Studi Teknik Elektro dengan menggunakan beberapa skema kategori peringkat Catur Darma. Orang tua calon mahasiswa baru dapat mengetahui biaya perkuliahan di tiap semester atau tiap tahunnya.




Simulasi biaya belum termasuk biaya Kuliah Kerja Nyata (KKN), Skripsi, Pendadaran/Ujian Skripsi, Kerja Praktik/Intership/Magang. Adapun besaran biaya-biaya tersebut antara lain:

  • Kuliah Kerja Nyata (KKN) : Rp. 700.000,-
  • Skripsi : Rp. 600.000,-
  • Pendadaran/Ujian Skripsi : Rp. 400.000,-
  • Kerja Praktik/Internship/Magang : Rp. 250.000,-

Biaya studi juga dapat di unduh di tautan berikut :

F A Q (Frequently Asked Questions)

Di Teknik Elektro UII, kamu akan belajar untuk merancang, mengembangkan, menganalisis, dan merawat sistem tenaga, sistem telekomunikasi, sistem instrumentasi dan kontrol, atau sistem biomedis. Kurikulum TE UII sudah berstandar internasional, sehingga siap bersaing secara global.

Teknik Elektro UII telah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT dan merupakan program studi Teknik Elektro PTS satu-satunya yang memperoleh akreditasi A di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain itu, TE UII telah mendapatkan Akreditasi Internasional dengan status “Provisionally Accredited” dari IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Biaya perkuliahan di teknik elektro terdiri dari caturdharma, spp, dan biaya pendukung. Silakan simulasikan biaya pada bagian “biaya kuliah” di atas list FAQ.

Catur Darma memiliki 4 komponen, yaitu: pendidikan, penelitian, pengabdian dan agama. Dana Catur Darma digunakan untuk mendukung 4 komponen tersebut. Sedangkan SPP adalah sumbangan pembinaan pendidikan, yang berarti uang bulanan yang dibayar mahasiswa sebagai bayaran atas jasa pendidikan yang didapatkan.

Prospek kerja lulusan Teknik Elektro secara umum berhubungan dengan tenaga listrik, teknik kendali, telekomunikasi, dan biomedis. Lulusan TE dapat berkarir di perusahaan, wirausaha, akademisi, dan lainnya. Yuk intip alumni TE UII disini. 

Berdasarkan hasil survei pada akreditasi TE UII periode terakhir, masa tunggu alumni TE UII cukup bersaing yaitu 3.4 Bulan.

Teknik Elektro UII didukung oleh laboratorium penelitian dan pembelajaran modern, ruang kelas berbasis student centre learning, internet berkecepatan tinggi, fasilitas olahraga berstandar nasional, fasilitas kesehatan, perpustakaan, dan kampus dengan nuansa green campus. 

Mahasiswa Teknik Elektro telah berkecimpung di berbagai ajang mahasiswa seperti Summer Program di Jepang, PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), lomba karya ilmiah nasional dan internasional,  lomba mobil listrik,  lomba robot, kompetisi labview, dan lomba olahraga.

Teknik Elektro UII memiliki 5 dosen wanita yang menempati sekitar 30% dari rasio keseluruhan dosen. Untuk kegiatan dosen dan mahasiswa muslimah, TE UII memiliki IEEE Woman in Engineering sebagai wadah untuk mengembangkan diri. Para wanita hebat, mari bergabung! 

silahkan daftar di portal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia (PMB) https://pmb.uii.ac.id

Program beasiswa yang ditawarkan UII meliputi:

  1. Beasiswa Hafiz Al-Qur’an 15 juz dan 30 juz,
  2. Beasiswa Dhuafa,
  3. Beasiswa pondok pesantren UII,
  4. Beasiswa Atlet & Juara Seni,
  5. Beasiswa Unggulan

Infomasi lengkap klik disini. 

Pola seleksi terdiri dari:

  1. TERBARU — SIBER (Seleksi Berbasis Rapor), adalah pola seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi berdasarkan nilai rapor siswa (Semester 3, 4, dan 5).
  2. TERBARU — PPM (Penelusuran Pemimpin Muda), adalah pola seleksi penerimaan calon mahasiswa bagi pendaftar/siswa yang memiliki pengalaman menjadi pengurus organisasi siswa di tingkat SMA/SMK/MA,
  3. CBT (Computer Based Test), pola seleksi melalui ujian berbasis komputer dilaksanakan di dalam dan luar kampus UII,
  4. PBT (Paper Based Test), pola seleksi calon mahasiswa melalui ujian tertulis yang terdiri dari PBT Potensi dan PBT Mandiri,
  5. PSB (Penelusuran Siswa Berprestasi), pola seleksi melalui asesmen kemampuan akademik dan non akademik,
  6. PHA (Penelusuran Hafiz Al-Qur’an), pola seleksi melalui asesmen kemampuan akademik dan hafalan Al-Qur’an minimal 10 Juz.

Silahkan men-klik tautan berikut untuk informasi selengkapnya : INFO PMB

Tentu, sasaran program ini adalah lulusan SMA/SMK/MA/MAK dan sederajat tahun ajaran 2019/2020 dan 2018/2019 yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki kemampuan akademik yang baik.

Jika ingin memilih pilihan kedua maka calon pendaftar harus mengikuti kembali proses pendaftaran dari awal.

Calon mahasiswa yang sudah registrasi dan akan mengundurkan diri, maka uang registrasi akan dikembalikan setelah dipotong biaya administrasi sebesar Rp 2.000.000 (dua juta rupiah).

TEKNIK ELEKTRO

Fakultas Teknologi Industri
(KH. Mas Mansur Building)
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Jln. Kaliurang KM 14.5 Sleman, Yogyakarta
Telp : (0274) – 895287
Fax : (0274) – 895007 ext.4120
Email : elektro[at]uii.ac.id
Whatsapp : +62 823-2391-8815

KEMITRAAN

TERHUBUNG DENGAN KAMI