Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Di Jurusan Teknik Elektro terdapat 6 buah laboratorium yang kesemuanya dapat digunakan untuk praktikum dan riset oleh dosen maupun mahasiswa. Laboratorium tersebut antara lain:

Laboratorium Dasar Teknik Elektro
Kepala Laboratorium : Yusuf Aziz Amrulloh, S.T.,M.Eng.,Ph.D.

Laboran : Agus Sumarjono, S.T.
Di laboratorium ini akan dipelajari cara pengukuran besaran-besaran di bidang Teknik Elektro dengan berbagai jenis alat ukur dan penerapan hukum-hukum dasar pada rangkaian listrik.


 

Laboratorium Sistem Ketenagaan
Kepala Laboratorium : Setyawan Wahyu Pratomo, S.T.,M.T.

Laboran : Handri Setyo, AMd.
Di laboratorium ini dipelajari berbagai sistem instalasi penerangan dan tenaga, berbagai watak mesin listrik (motor dan generator DC dan AC) dan transformator serta cara pengaturan dan pengendaliannya. Di laboratorium ini tersedia berbagai peralatan untuk pengujian tentang mesin listrik seperti motor DC, motor AC, generator dan transformator. Selain itu dilaboratorium ini juga menyediakan praktikum tentang energi terbarukan, konversi energi, dan analisa sistem tenaga beserta efisiensinya.


 

Laboratorium Elektronika
Kepala Laboratorium : Medilla Kusriyanto, S.T.,M.Eng.

Laboran : Dian Ariyanto, AMd.
Mempelajari piranti-piranti elektronik dan gerbang-gerbang dasar digital serta pengembangannya. Disini akan dijumpai berbagai aplikasi IC digital yang banyak digunakan di pasaran serta perakitannya untuk membentuk untai sistem digital. Di laboraturium ini juga digunakan perancangan sistem elektronika dengan software, perakitan dan pengujiannya, serta peracangan IC dengan FPGA.


 

Laboratorium Telekomunikasi
Kepala Laboratorium : Firdaus, S.T.,M.Eng.

Laboran : Handri Satyo, AMd.
Di laboratorium ini terdapat perangkat keras untuk mempelajari kasus-kasus  dalam pertelekomunikasian, antara lain pemancar dan penerima AM dan FM, modulasi FSK, komunikasi data dengan Frequency Division Multiplexing dan Time Division Multiplexing, Mixer, modulasi digital, pengujian dengan spektrum analizer, Modulator dan Demodulator, dan pengukuran SWR untuk mendapatkan daya maksimum pada pemancar, perancangan dan pemasangan jaringan komputer. Tersedia pula TV Trainer untuk mempelajari sistem penerimaan dan pelacakan kerusakan pada sebuah model pesawat televisi. Selain itu dilengkapi pula dengan sistem parabola yang dapat menangkap lebih dari 30 saluran dalam dan luar negeri.


 

Laboratorium Kendali dan Otomasi Industri
Kepala Laboratorium : Almira Budiyanto,S.Si.,M.Eng.

Laboran : Heri Suryantoro, AMd.
Di laboratorium ini terdapat mikrokontroler jenis intel yang dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai macam besaran fisis seperti kecepatan motor, pengaturan suhu dan lift. Selain itu beberapa buah lengan robot juga tersedia sebagai sarana untuk lebih memahami sistem robotika. PLC OMRON dan SIEMEN untuk pengendalian trafic light, kendali konveyor, kendali level cairan, dan pengendalian dengan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition).


 

Laboratorium Komputer dan Simulasi
Kepala Laboratorium : Elvira Sukma Wahyuni, S.Pd.,M.Eng.
Laboran : Heri Suryantoro, AMd.
Di laboratorium ini akan dipelajari cara-cara pemrograman komputer, pembuatan jaringan komputer, dan manajemen jaringan komputer. Di lab ini terdapat juga modul cisco router, switch catalis dan DSP (Digital Signal Processor) Texas Instrument.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.