< Kembali

Ngabuburit Kepoin Elektro #Energi Alternatif di masa pandemic

Mei 18, 2020

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Teman-teman electrizen, Alhamdulillah rangkaian kegiatan webinar ngabuburit kepoin elektro telah selesai dilaksanakan. Pada hari terakhir tema yang disajiikan tidak kalah menarik, pemateri diisi oleh Pak Husein Mubarok,S.T.,M.Eng dan Pak Setyawan Wahyu Pratomo ,S.T., M.T., beliau berdua adalah para dosen muda Teknik Elektro UII yang memiliki peminatan dalam bidang energi dan energi terbarukan. Pak Husein dan Pak Setyawan mengangkat tajuk “Energi Alternatif di masa pandemic”, tema ini sangat relevan sekali dengan kebutuhan masyarakat akan sumber energi saat bekerja dan sekolah dari rumah. Seperti yang kita ketahui belum semua wilayah di Indonesia dialiri listrik penuh selama 24 jam. Di tengah masa pandemi ini beberapa berita selingan yang cukup viral antara lain beberapa guru dan siswa di daerah plosok harus mengungsi ke daerah lain untuk bekerja dan sekolah karena di wilayahnya mati lampu. Hal tersebut membuat kita menyadari betapa pentingnya energi alternatif pada kondisi-kondisi tidak biasa seperti ini.

Pada sesi pertama Pak Husein memaparkan pengertian energi secara umum, kemudian Pak Husein juga menjelaskan mengenai prinsip kerja pembangkit dalam menghasilkan listrik pada turbin dan generator. Pada bagian terakhir Pak Husein juga menjelaskan mengenai macam-macam energi alternatif seperti, PLTAngin, PLTAir, PLTPanas bumi, PLTNuklir dan Ethanol Fuel sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar kendaraan. Pada sesi kedua Pak Setiawan meberikan pengenalan secara umum mengenai teknologi panel surya, kemudian Pak Setiawan juga  menjelaskan bagaimana potensi pengembangan panel surya di Indonesia, terakhir Pak Setiawan memaparkan mengenai apa saja keunggulan panel surya sebagai salah satu sumber energi alternatif.

Ternyata banyak teman-teman SMA yang tertarik dengan tema ini, hal ini terlihat dengan banyakya pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Di beberapa pertanyaan yang masuk muncul diskusi yang menarik dan tentunya bermanfaat atara peserta dan pemateri, ya tentu saja siapa yang tidak penasaran dengan nusantara yang dianugrahi sumber daya alam seperti air, angin dan cahaya matahari yang berlimpah namun kenyataannya belum mampu untuk mengoptimalkannya sebagai sumber energi utama, dan masih mengeruk perut bumi untuk menghasilkan sumber energi yang jelas-jalas lambat laun akan habis. Pamateri kembali menekankan bahwa ini “PR” kita bersama terutama generasi muda, untuk berkontribusi mengembangkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat “melek” energi terbarukan yang berkelanjutan.

Peserta juga terlihat sedih sekali harus berpisah dengan kegiatan webinar ini, karena mereka merasa banyak hal yang dipelajari dan didapatkan selama mengikuti program ini. Tapi jangan sedih teman-teman InsyaAllah kami Program Studi Teknik Elektro akan meluncurkan rangakaian webinar seri kedua, tunggu informasinya ya, tentu saja dengan materi yang tidak kalah menarik. Tetap semangat dan jaga kesehatan.

Materi presentasi dan rekaman video acara ini bisa diunduh di link berikut:

Materi 1 : Part1 Part2

Materi 2 : Full Materi 

Presensi dan rundown acara : Kepoin Elektro 15 Mei 2020 (Presensi dan Rundown)

Scroll to Top
Scroll to Top