Sekilas Tentang Kami
Program Studi Teknik Elektro (PSTE) berdiri pada tanggal 22 Juli 1997 berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 215/DIKTI/Kep/1997. Pada awal berdiri, PSTE dipimpin oleh Ir. Hj. Budi Astuti, M.T dan memiliki sebuah konsentrasi yaitu Elektronika. Pada tahun 2005, PSTE menambah sebuah konsentrasi yaitu Kendali dan pada tahun 2009 dibuka konsentrasi Telekomunikasi. Dari tahun 2013 hingga 2017, PSTE telah memiliki empat bidang keilmuan/konsentrasi yakni Kendali, Telekomunikasi, Ketenagaan, dan Biomedis. Hingga tahun 2022, PSTE telah mengalami lima kali perubahan kurikulum berdasarkan perkembangan bidang ilmu teknik elektro, kebutuhan pasar, dan regulasi dari instansi dan pemerintah.
Pada tahun 2000 PSTE memperoleh Akreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) berdasar SK No. 010/BAN-PT/Ak-IV/VI/2000. Selanjutnya pada tahun 2011 prodi Teknik Elektro berhasil memperoleh Akreditasi B dari BAN PT No 032/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011. Pada tahun 2016 PSTE UII mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT SK No. 0944/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016. Akreditasi tersebut dapat dipertahankan oleh PSTE hingga tahun 2026 dengan sertifikat akreditasi BAN-PT No. 8835/SK/BANPT/Ak-PPJ/S/VI/2021 dan pada tahun yang sama, PSTE mendapatkan akreditasi Unggul dengan sertifikat akreditasi BAN-PT No. 11361/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/X/2021. Terakhir, PSTE kembali mempertahankan kualitasnya sebagai program studi yang unggul dan berstandar internasional melalui akreditasi Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dengan sertifikat No. 00083.A yang diberikan pada tanggal 10 Februari 2022.
Visi
Menjadi Program Studi Teknik Elektro unggul di bidang pendidikan dan riset di tingkat Asia pada tahun 2030 serta berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan teknik elektro yang berstandar internasional dengan dilandasi nilai-nilai keislaman.
- Menghasilkan alumni yang mampu bersaing serta memiliki kompetensi global.
- Menghasilkan penelitian berkualitas yang bernilai inovasi, diakui ditingkat nasional dan internasional serta berkontribusi terhadap keilmuan dan penyelesaian masalah di masyarakat.
- Menyelenggarakan pengabdian yang bernilai inovatif dan dakwak islamiah untuk kemaslahatan umat.
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau student outcome (SO) adalah kemampuan minimal yang harus dimiliki oleh lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. CPL dirumuskan oleh PSTE berdasarkan hasil penelusuran lulusan, masukan pemangku kepentingan, asosiasi profesi, perkembangan keilmuan serta dari hasil evaluasi kurikulum sebelumnya. Penyusunan CPL juga mengacu SN-Dikti yang mencakup aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Selain itu juga, mengacu pada deskriptor KKNI sesuai dengan jenjang kualifikasi. Kriteria yang ditetapkan oleh badan akreditasi baik nasional maupun internasional seperti IABEE juga menjadi pertimbangan dalam perumusan CPL program studi.